Hari Buruh Surabaya Diwarnai Ricuh Massa Berbaju Hitam

Jakarta, CNN Indonesia -- Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, sempat diwarnai kericuhan antara kelompok massa berbaju hitam dan aparat kepolisian, Rabu (1/5).

Kericuhan ini bermula ketika massa berpakaian serba hitam serta penutup kepala dan membawa poster bergambar Marsinah mencoba masuk ke dalam barisan massa buruh.


Pantauan CNNIndonesia.com, polisi meminta agar massa tersebut melepas penutup kepalanya. Namun massa menolak, keributan pun terjadi.

Aparat kepolisian dan Satpol PP lantas mencoba membubarkan barisan mahasiswa tersebut karena diduga bukan massa dari kalangan buruh.

"Kamu, dari mana kamu? Ayo lepas (penutup kepala)," bentak salah satu aparat kepolisian.

Puluhan massa pun dipukul mundur hingga ke jalan Basuki Rahmat. Penjagaan kepolisian diperketat. Bahkan nampak pula dua orang massa berpakaian hitam yang dibawa polisi ke dalam Gedung Grahadi.

Hari Buruh Surabaya Diwarnai Ricuh Massa Berbaju HitamMassa berbaju hitam saat hari buruh d Surabaya. (CNN Indonesia/Farid Miftah)

Tak berselang lama, keduanya kemudian dimasukkan unit mobil polisi untuk dibawa ke Mapolrestabes Surabaya.

Melihat rekannya diamankan, beberapa massa aksi yang terdiri dari gabungan buruh dan mahasiswa nampak tak terima. Ia pun meminta agar dua rekannya tersebut dibebaskan.

Mereka juga mempertanyakan apa dasar kepolisian melakukan penangkapan terhadap dua orang yang disebut mahasiswa tersebut.

Massa yang sama, sebelumnya juga diduga terlibat ketegangan dengan sejumlah awakmedia lantaran tak mau gambarnya diabadikan lewat kamera.


Sementara itu, salah satu perwakilan massa Anindya Sabrina, mengatakan dua orang yang diamankan tersebut memang berasal dari kelompoknya. Mereka adalah Arif dan Riski.

"Ini kan Hari Buruh, saya berharap, mereka (polisi) juga baca Hari Buruh bisa diperjuangkan siapa saja, ngapain gitu lho, kok dilarang menyampaikan aspirasi," kata Anindya saat dikonfirmasi.

Anin menyampaikan, bahwa alasan pihaknya menggunakan atribut hitam dengan penutup kepala tak lain adalah untuk merahasiakan identitas para massa.

"Sama polisi kami disuruh lepas, kami menolak, karena belakangan banyak kejadian persekusi, maka jami memutuskan menutup," kata dia.

Hingga kini, sejumlah perwakilan massa terus melakukan pendampingan kepada dua mahasiswa yang diamankan kepolisian.

"Kami masih mendampingi dulu, kami jemput ke Mapolrestabes, kita juga sudah komunikasi ke Lembaga Bantuan Hukum," ujarnya. (frd/gil)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VEXCUj

May 02, 2019 at 02:48PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Buruh Surabaya Diwarnai Ricuh Massa Berbaju Hitam"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.