Menebak Hubungan 'Keluarga' Antara Kelapa dan Kacang

Jakarta, CNN Indonesia -- Apa hubungan antara kelapa dan kacang? Mungkin Anda bakal bingung jika ini ditilik dari nama Indonesianya. Tapi Anda bakal paham jika dilihat dari bahasa Inggrisnya.

Dalam bahasa Inggris, kelapa disebut coconut dan kacang disebut nut. Jika sudah begini, Anda pasti paham apakah kelapa (coconut) termasuk dalam keluarga kacang-kacangan (nut)?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) mengklasifikasikan kelapa sebagai salah satu pohon kacang-kacangan pada 2006 lalu. Hal ini menyebabkan banyak orang jadi bingung.


Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya apakah ini berarti kelapa tak aman bagi orang yang alergi kacang?
Mengutip Reader's Digest mengungkapkan bahwa awalnya secara teknis kelapa masih dianggap buah, namun FDA mengubah klasifikasi tersebut. Bahkan Library of Congress (LoC) menanggapi hal tersebut dan menyimpulkan bahwa secara botani (dunia tumbuhan), kelapa adalah buah berbiji tunggal berserat (one seeded drupe) atau buah berbiji kering (dry drupe)

Namun ketika menggunakan definisi yang sedikit longgar, kelapa bisa diklasifikasikan sebagai kacang, buah, atau biji.

LoC menganggap bahwa kelapa adalah buah berbiji, atau buah dengan lapisan keras di atas biji. Tetapi karena kacang didefinisikan sebagai 'buah biji tunggal' maka kelapa cocok dengan kedua deskripsi tersebut.  Pada akhirnya, peneliti tersebut juga menyimpulkan bahwa kelapa termasuk dalam keluarga kacang-kacangan, biji, dan buah. 

Drupe adalah buah dengan penutup batu keras yang menutupi benih (seperti buah persik atau zaitun) dan berasal dari kata drupa yang berarti zaitun terlalu matang. Kelapa, dan semua drupes, memiliki tiga lapisan: exocarp (lapisan luar), mesocarp (lapisan tengah berdaging), dan endocarp (lapisan keras, kayu yang mengelilingi biji).


Lalu apakah kelapa aman untuk penderita alergi kacang?

American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI) mengungkapkan bahwa ada kemungkinan penderita alergi kacang memiliki reaksi alergi terhadap kelapa, namun kebanyakan orang alergi kacang bisa aman makan kelapa. Karena kelapa tidak dianggap sebagai "kacang botani," ACAAI menganggapnya sebagai buah. Ini juga dikonfirmasi oleh Jaringan Penelitian & Pendidikan Alergi Makanan (FARE). (chs)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2ybVqd0

April 29, 2020 at 08:41AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menebak Hubungan 'Keluarga' Antara Kelapa dan Kacang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.