10 Rempah dan Herbal untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Jakarta, CNN Indonesia --

Tak cuma makanan yang dapat memengaruhi berat badan, bumbu dapur yang dimasukkan ke dalam sajian juga dapat memberikan pengaruhnya. Beberapa rempah-rempah dan tanaman herbal diketahui dapat membantu menurunkan berat badan.

Sejumlah rempah-rempah dan tanaman herbal lainnya telah terbukti ampuh dalam melawan keinginan tubuh untuk makan, menekan rasa lapar, dan meningkatkan pembakaran lemak, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada program diet.

Berikut adalah 10 rempah-rempah dan tanaman herbal yang dapat membantu proses penurunan berat badan, mengutip berbagai sumber.


1. Cabai rawit

Cabai rawit populer digunakan untuk memberikan rasa pedas ke banyak hidangan. Kandungan capsaicin yang ada di dalamnya ditemukan dapat membantu penurunan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan, capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh sepanjang hari.

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar. Mengutip Healthline, studi kecil menemukan, konsumsi kapsul capsaicin dapat meningkatkan rasa lapar dan menurunkan asupan kalori total.

2. Jahe

Sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, jahe juga ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa ulasan dari sejumlah studi menemukan, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, sekaligus mengurangi penyerapan lemak serta nafsu makan.

Ilustrasi jaheRempah-rempah seperti jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. (matczysko/Pixabay)

3. Oregano

Oregano mengandung carvacrol, senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi pada tikus menemukan, asupan cavacrol membuat lemak tubuh jadi jauh lebih sedikit daripada tikus kelompok kontrol. Suplemen carvacrol juga ditemukan berdampak langsung pada beberapa gen dan protein spesifik yang mengontrol sintesis lemak dalam tubuh.

4. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu bahan obat tradisional utama di China. Banyak penelitian menemukan, tanaman satu ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian kecil menemukan, konsumsi ginseng Korea dua kali sehari selama delapan pekan berhasil menurunkan berat badan dan mengubah komposisi mikrobiota di usus.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ginseng mampu memerangi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

5. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit kerap dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kurkumin, senyawa aktif yang ada di dalam kunyit, memberikan efek untuk segala hal, mulai dari melawan peradangan hingga menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada orang dengan kelebihan berat badan memperlihatkan, konsumsi kurkumin dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam membuang banyak lemak, mengurangi lemak perut, dan menurunkan berat baran hingga 5 persen.

10 Rempah dan Herbal untuk Bantu Turunkan Berat Badan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3aHXWIQ

December 25, 2020 at 11:18AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Rempah dan Herbal untuk Bantu Turunkan Berat Badan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.