Ahok Pakai Jurus Cincai, Cengli dan Cuan di Pertamina

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menerapkan tiga strategi khusus untuk menggaet investor di perusahaan pelat merah tempatnya memimpin. 

Prinsip itu sering dipakai oleh orang China, yaitu, cengli, cuan, cincai.

"Orang China bilang 3C. C pertama, cengli, fairness. Kedua, cuan, profit. Ketiga, cincai, simpel," ucapnya dalam acara 2020 International Convenient on Indonesian Upstream Oil and Gas, Rabu (2/12)


Prinsip kata Ahok, harus diterapkan karena setiap investor pasti akan mempertimbangkan cuan atau keuntungan dalam tiap kemitraan yang mereka jalankan. Oleh karena itu, untuk memberi cuan itu, ia mengatakan pemerintah dan Pertamina harus bisa menjamin keuntungan atas investasi mereka.

Pun begitu kata Ahok dengan cengli. Pertamina perlu terbuka atau transparan dalam tiap kebijakan yang diambil supaya mereka percaya.

Terakhir, cincai atau simpel yang dimaksud adalah berbagai kemudahan dalam proses untuk berinvestasi.

"Sangat sederhana, saat kita berbisnis kita enggak perlu banyak omong. Lakukan harus berikan win-win, kami berikan fairness, keuntungan, itu aja. Simpel. Kami berikan mereka kemudahan," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Ahok, Pertamina sangat membutuhkan kemitraan dengan investor di sektor hulu. Pasalnya, kinerja sektor hulu yang rendah selama ini membuat Pertamina tak bisa memenuhi kebutuhan konsumsi minyak dan gas (migas) di dalam negeri.

Akibatnya, impor migas menggelembung dan membebani neraca dagang serta membuat neraca transaksi berjalan selalu mengalami defisit.

"Di awal saya mendapat tugas ini, Key Performance Index (KPI) pertama saya adalah menyelesaikan defisit transaksi berjalan," tuturnya.

(hrf/agt)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3g1MJn7

December 03, 2020 at 07:10AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ahok Pakai Jurus Cincai, Cengli dan Cuan di Pertamina"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.