Iwan Fals Pamer Karya Lukis 'Ureg-ureg' di Galeri Suara Hati

Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Iwan Fals ternyata bukan hanya bisa menyanyi. Ia baru saja meresmikan pameran karya lukis perdananya pada Senin (15/4) malam di kediamannya di Leuwinanggung, Jawa Barat.

Pameran yang diberi tajuk 'Galeri Suara Hati' ini menampilkan puluhan lukisan hasil karyanya selama masa pemulihan pascaoperasi cedera lengan pada tahun lalu.

"Bersyukur saya memiliki waktu luang untuk ini dan prosesnya mengalir saja setelah operasi tangan. Bukannya tambah sakit karena banyak gerak tapi kok malah jadi enak. Ya saya bersyukur sajalah," ujar Iwan yang juga merilis album baru bertajuk Rosana, nama istrinya.


Ia bercerita, hobi melukisnya sebenarnya telah berawal sejak kepergian sang putra sulung, Galang Rambu Anarki pada 1997. Ia menganggap melukis adalah salah satu cara meluapkan isi hati, selain dengan menciptakan lagu. "Itu cukup menenangkan seperti terapi," katanya.

Setahun belakangan, kegiatan itu kembali ia geluti. Namun kali ini Iwan punya alasan lain. Ia tak tega melihat kado cat yang diberikan sang istri Rosana pada ulang tahunnya tiga tahun silam. Ia tak ingin itu terbuang sia-sia karena tak kunjung ia gunakan.

"Saat saya sakit, melihat kaleng-kaleng cat itu belum digunakan dan hampir kering. Itu membuat saya ingin melukis lagi, kanvasnya juga sudah ada. Ya sudah mengalir," ujar Iwan.


Sang pelantun Bento pun sampai keasyikan. Kalau sudah melukis susah berhenti. Dalam satu hari ia bisa menyelesaikan tiga sampai empat lukisan berukuran 1,5 meter x 1 meter.

Tekniknya, kata Iwan, hanya menggunakan palet, kuas serta goresan tangan.

Ia bahkan punya nama sendiri untuk gaya lukisannya.

"Dulu sih sampai dilempar-lempar [catnya], guling-guling, marah-marah sampai nangis terus habis itu dibakar. Yang kali ini ya karena lagi enggak bisa apa-apa selain bikin syair lalu keterusan melukis. Saya lebih nyaman untuk bilang ini aliran 'ureg-ureg,'" ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

'Ureg-ureg' pernah menjadi nama akun Twitter resminya, di mana Iwan sangat aktif berkicau.

Lukisan 'ureg-ureg' Iwan Fals bakal dipamerkan selama dua minggu hingga awal bulan Ramadan, sekitar Mei mendatang. Iwan dan keluarga pun berencana menjual beberapa koleksi itu dan hasilnya akan disumbangkan untuk Yayasan Suara Hati Iwan Fals.

"Ini saya pamerkan dulu. Lumayan deg-degan juga ya, energinya seperti manggung. Sementara pas melukisnya itu kayak buat lagu. Ada rasa yang sama," katanya mengungkapkan.

Iwan Fals dan salah satu lukisan yang disebutnya bergaya 'ureg-ureg.'Iwan Fals dan salah satu lukisan yang disebutnya bergaya 'ureg-ureg.' (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
(agn/rsa)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2ZfOWCT

April 16, 2019 at 09:42PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Iwan Fals Pamer Karya Lukis 'Ureg-ureg' di Galeri Suara Hati"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.