Beda Racikan Kopi Beda Rasa: Drip, Espresso, Sampai Latte

Jakarta, CNN Indonesia -- Jenis minuman kopi bukan hanya sekadar kopi hitam. Terdapat berbagai racikan kopi yang dapat dinikmati. Setiap racikan minuman kopi itu memiliki perbedaan tersendiri, mulai dari cappuccino, latte, hingga macchiato.

Perbedaan berbagai minuman kopi ini diperoleh dari takaran kopi, tambahan pada kopi seperti susu,  dan cara penyajian. Perbedaan itu menghasilkan warna serta rasa minuman kopi yang berbeda.

Macam-macam minuman kopi ini biasanya tersedia di berbagai kafe dan kedai kopi. Kenali perbedaan setiap istilah minuman kopi ini agar tak kebingungan saat memesan kopi. Anda juga bisa membuat sendiri minuman kopi ini.


Berikut perbedaan berbagai minuman kopi.
1.  Drip
Drip atau kopi tetes merupakan secangkir kopi biasa atau kopi hitam. Cara membuat drip sangat sederhana yakni mencampurkan air dan kopi. Gula dapat ditambahkan kemudian sesuai selera.

2. Espresso
Espresso dibuat dengan menggiling biji kopi. Lalu, direndam dan diseduh dengan air panas sehingga menghasilkan minuman konsentrat sekitar 1-2 ons. Oleh karena itu, espresso sering kali disajikan dalam gelas yang berukuran sangat kecil.

Espresso dapat diminum langsung dan bisa juga menjadi dasar pembuatan minuman kopi lainnya.

3. Espresso con panna
Espresso con panna merupakan campuran espresso dengan whipped cream. Hasilnya, whipped cream dapat menawarkan rasa kopi.

4. Espressino
Espressino merupakan racikan espresso yang ditambah dengan topping susu dan bubuk cokelat. Terkadang espressino juga ditambahkan dengan Nutella.

5. Ristretto
Ristretto merupakan racikan minuman kopi yang dibuat dengan cara yang sama dengan espresso tapi menggunakan jumlah air yang lebih sedikit. Alhasil, kopi ristretto lebih pekat dibanding espresso.


6. Lungo
Dalam bahasa Italia, Lungo berarti long atau panjang. Lungo merupakan versi espresso dengan proses pembuatan yang lebih lama dan membutuhkan air yang lebih banyak. Ektraksi kopi lungo dapat mencapai 1 menit.

7. Latte
Latte merupakan paduan kopi dan susu. Sebabnya dua pertiga takaran latte merupakan susu, dan satu pertiga lainnya adalah espresso. Biasanya latte dibuat dengan espresso sebagai lapisan dasar dan ditambahkan dengan susu.

8. Cappuccino
Cappuccino memiliki takaran kopi dan susu yang sama dengan latte. Namun, cappuccino memiliki busa susu yang lebih tebal di bagian atas minuman kopi.

9. Macchiato
Macchiato juga merupakan campuran espresso dengan susu. Takaran kopi adalah dua pertiga yang dicampur dengan satu pertiga susu, dan busa tipis.

10. Americano
Americano merupakan olahan espresso dan air. Rasio racikan Americano adalah 1:2, yakni satu espresso untuk dua bagian air.

11. Cold brew
Cold brew merupakan minuman kopi yang dingin. Cold brew dibuat dengan cara merendam kopi bubuk dalam air dingin lalu disaring. Kopi ini tidak asam karena dibuat tanpa panas.

kopi ada berbagai varian Ilustrasi. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

12. Frappuccino
Frappuccino merupakan olahan minuman kopi dari salah satu gerai kopi ternama di dunia. Minuman ini dibuat mencampur kopi, krim, dan es. Hasilnya, menyerupai milkshake.

13. Red eye
Red eye adalah kopi drip yang dicampurkan dengan satu shot espresso.

14. Black eye
Black eye adalah kopi drip yang dicampurkan dengan dua shot espresso.

15. Green eye
Green eye merupakan campuran kopi drip dengan tiga shot espresso.

16. Affogato
Affogato merupakan campuran es krim vanila dengan satu shot espresso. (ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/36h3eGY

May 20, 2020 at 08:23AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beda Racikan Kopi Beda Rasa: Drip, Espresso, Sampai Latte"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.