Barcelona Terhindar dari Kekalahan, 'No Messi No Party'

Jakarta, CNN Indonesia -- Pernyataan sang pelatih Ernesto Valverde menyiratkan kegalauan ketika menjawab pertanyaan soal kemungkinan mencadangkan Lionel Messi jelang laga Barcelona di markas Villarreal pada laga lanjutan La Liga Spanyol di Stadion De La Ceramica, Selasa (2/4) malam waktu setempat.

Valverde seolah berada dalam dilema untuk 'memarkir' pemain bintangnya itu saat laga lawan Villarreal. Maklum, Blaugrana harus menjamu lawan yang lebih tangguh, Atletico Madrid, empat hari setelah menyambangi markas Villarreal.

"Tak pernah ada waktu ideal untuk mengistirahatkan pemain sepertinya [Messi]. Namun, kami akan lihat lagi nanti."

"Kami pikir pertandingan ini sangat penting. Banyak yang sudah menatap laga melawan Atletico Madrid, namun tiga poin di pertandingan ini [lawan Villarreal] juga sama pentingnya seperti lawan Atletico," ucap Valverde saat itu dikutip dari Marca.

Valverde tampaknya sadar betul, Barcelona kerap mengalami kesulitan tanpa Messi menghadapi tim-tim lawan, bahkan skuat papan bawah sekali pun.

Kecemasan Valverde pun kejadian ketika ia mencadangkan Messi saat menghadapi Villarreal. Tanpa kehadiran penyerang Argentina itu, Barca seolah macam tim semenjana menghadapi lawannya yang berada di tepi jurang degradasi La Liga Spanyol.

Villarreal nyaris mengalahkan Barcelona. (Villarreal nyaris mengalahkan Barcelona. (Foto: REUTERS/Heino Kalis)
Bukan hanya Messi, gelandang andalan Azulgrana Ivan Rakitic juga dicadangkan. Hasilnya Barca sempat dibuat kerepotan menghadapi tim tuan rumah. Unggul 2-0 lebih dulu berkat gol Philippe Coutinho dan Malcolm, Barcelona kebobolan dua gol melalui Samuel Chukwueze pada babak pertama dan Karl Toko Ekambi pada babak kedua.

Valverde mengendus ancaman serius sehingga memasukkan Lionel Messi pada menit ke-61. Tak lama setelah Messi menggantikan Couutinho, Barcelona berbalik tertinggal 2-3 akibat gol Vicente Iborra pada menit ke-62.

Barcelona semakin tertinggal menjadi 2-4 pada menit ke-80. Carlos Bacca membobol gawang tim tamu lewat skema serangan balik memanfaatkan umpan Santi Cazorla.

Hanya enam menit berselang, Villarreal harus bermain dengan 10 orang setelah Alvaro Gonzalez diusir wasit. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Barcelona.

Philippe Coutinhi mencetak gol pertama Barcelona ke gawang Villarreal. (Philippe Coutinhi mencetak gol pertama Barcelona ke gawang Villarreal. (Foto: REUTERS/Heino Kalis)
Messi tak melewatkan kesempatan itu sebagai eksekutor tendangan bebas. Ia mampu membobol gawang Sergio Asenjo pada menit ke-90 melalui tendangan bola mati. Barcelona pun memperkecil ketinggalan jadi 3-4.

Gol Messi itu seakan membawa efek luar biasa positif bagi skuat Blaugrana di pengujung laga.

Barcelona terus melakukan tekanan sejak saat itu demi terhindar dari kekalahan. Alhasil, Barca berhasil menyamakan skor di masa dua menit injury time babak kedua.

Adalah Luis Suarez yang mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan di markas Villarreal melalui golnya.

Barcelona Terhindar dari Kekalahan, 'No Messi No Party'
Kehadiran Messi tampak mendongkrak motivasi rekan-rekan setimnya di Barcelona. Peran yang sama pula pernah dilakukannya ketika Blaugrana menjamu Athletic Bilbao pada laga pekan ketujuh La Liga Spanyol.

Tim raksasa dari Catalonia sempat tertinggal dari Bilbao pada menit ke-41 melalui gol Lucas Vazuez di duel El Clasico itu. Messi kemudian masuk pada menit ke-55 menggantikan Arturo Vidal.

Saat itu, kehadiran Messi seolah membawa aura positif di babak kedua. Barca sukses terhindar dari kekalahan berkat gol Munir El Hadadi melalui assist dari Messi.

Tak heran jika Valverde menyatakan tak pernah ada waktu yang tepat untuk mencadangkan La Pulga di Barcelona. Meski demikian, ketergantungan terhadap pemain bintangnya itu seperti menjadi bom waktu bagi Blaugrana jika klub tak menyiapkan rencana regenerasi yang tepat untuk masa mendatang. (ptr)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FMsWGC

April 03, 2019 at 09:38PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Barcelona Terhindar dari Kekalahan, 'No Messi No Party'"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.