Warga Sragen Mengeluh ke Jokowi: Mumet Pak, Utang ke Bank

Sragen, CNN Indonesia -- Endang, warga Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, mengaku pusing jika harus meminjam uang lagi ke bank untuk membeli alat pengering padi atau dryer, seperti yang disarankan Presiden Joko Widodo.

Endang adalah pemilik penggilingan padi sejak 2001.

Awalnya ia diminta maju oleh Jokowi saat acara silaturahmi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) se-Jawa Tengah, di GOR Diponegoro, Kabupaten Sragen, Rabu (3/4).

Di atas panggung Endang mengatakan masih menggunakan cara manual dalam mengerikan padi, yakni menjamurnya di halaman rumah.


Jokowi lantas mengingatkan Endang termasuk petani lainnya, untuk membeli alat pengering. Menurutnya, setiap penggilingan padi sudah harus memiliki alat itu. Ia lantas bertanya mengapa Endang tak membeli dryer.

"Dereng enten (belum punya) dana Pak Presiden," kata Endang, disambut tawa hadirin.

"Kenapa enggak cari (pinjaman) ke bank?" ujar Jokowi menimpali.

Endang mengatakan dirinya sudah meminjam uang ke bank untuk modal penggilingan padi. Ia pun meminta kepada Jokowi agar dibelikan alat pengering gabah padi tersebut.


"Bapak, untuk modal saja sudah (pinjam) dari bank, apalagi untuk itu Pak. Maka dari itu, minta dari Pak Presiden. Tolong dibantu," tuturnya.

"Wah, repot mintanya ke saya, kalau satu orang enggak apa-apa. Kalau dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, minta semua gimana itu?" kata Jokowi.

"Ya, cukup yang dari (kecamatan) Jenar, Bu Endang dulu Pak," ujar Endang menimpali.

Warga Sragen Mengeluh ke Jokowi: Mumet Pak, Utang ke BankPresiden Jokowi menghadiri silaturahmi dengan Gapoktan dan Perpadi se-Jawa Tengah di GOR Diponegoro, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jokowi menjelaskan jika Endang membeli alat pengering dengan meminjam uang ke bank, maka bisa mengangsur pinjaman itu dari hasil penyewaan alat tersebut.

"Ini kalau beli dryer nggih, saya enggak tahu yang mau dibeli harga berapa, mau beli kapasitas berapa, itu kan kalau ngambil pinjaman dari bank, jasanya kan bisa angsur ke bank" tutur Jokowi.

"Sakjane enggih (sebenarnya iya), tapi mumet Pak. Wong, uangnya saja buat beli gabah dari bank, apalagi beli dryer dari bank. Mumet Pak," kata Endang kepada Jokowi.

"Mumet, mumet, enggih," timpal mantan wali kota Solo itu.


Dalam sambutannya Jokowi menginginkan para petani Indonesia memiliki alat pengering gabah padi. Ia tak ingin petani masih melakukan pengeringan padi dengan cara dijemur. Selain itu Jokowi juga ingin para petani memiliki alat pengemas.

Jokowi berencana mengundang para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) ke Istana Negara, Jakarta, usai Pemilu 2019.

Ia ingin mempertemukan kelompok petani padi serta pupuk itu dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan sejumlah bank guna membicarakan bantuan pengadaan dryer atau mesin pengering padi hingga mesin kemasan.

[Gambas:Video CNN] (fra/pmg)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2KbypfQ

April 04, 2019 at 12:16AM

Bagikan Berita Ini

3 Responses to "Warga Sragen Mengeluh ke Jokowi: Mumet Pak, Utang ke Bank"

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. Hello, everyone
    My name is Josephine jumawan caballo, i live in orion bataan, phillipine. I would like to thank good mother karina roland for helping me got a good loan after I experienced fake online borrowing loans that tricked me to get money without giving a loan, I have needed a loan for 2 years ago to start my own business in the city of orion bataan where I lived and I fell into the hands of a fake company in dubai that deceived me and did not offer me a loan. and I was very Frustrasted because I lost all my money to a fake company in dubai, because I owed my bank and my friends and I had nothing to run, on that very faithful day my friend called susan Ramirez after reading her testimony about how he got a loan from Mrs. karina roland, so I was forced to contact Susan Ramirez and she told me and convinced me to contact Mrs. karina roland that she was a good mother and I was forced to put courage and I contacted Mrs. karina roland and I were surprised by my loan that was processed and passed and within 6 hours my loan was transferred to my account and I was very surprised that this was a miracle and I had to give information about the good work of Mrs. karina roland so I advise everyone who needs a loan to contact e-mail Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) and I guarantee you that you will give information as I have done and you can also contact me for further information about Mrs.karina Roland my email: (josephinejumawancaballo@gmail.com) may God continue to bless and love karina roland' mother to change my financial life.

    BalasHapus
  3. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menasihati semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Bu karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawan caballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.